Dalam posting ini, kita akan membahas Sistem ERP, apa itu ERP ? klik disini. Program Sistem ERP menyediakan teknik kerja kolaboratif dalam pengelolaan data antar divisi secara efektif. Sistem ERP bisa jadi mahal, tetapi manfaatnya lebih besar daripada biayanya dan pada akhirnya dapat membawa fasilitas manufaktur Anda ke tingkat berikutnya dalam hal efisiensi. Jadi, berikut adalah 10 manfaat menerapkan perangkat lunak ERP dalam operasi manufaktur Anda.

Menjalankan bisnis yang efisien membutuhkan pengalaman dan keterampilan bisnis, tetapi yang paling penting, mengelola proses bisnis dengan baik dan mendapatkan manfaat dari perencanaan sumber daya perusahaan. Sifat persaingan pasar modern menuntut pemilik usaha untuk menangkap semua peluang yang ada, termasuk kemajuan teknologi, untuk memaksimalkan efektivitas dan tetap terdepan dalam persaingan.

Kelebihan & Kekurangan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem ERP telah lama mengembangkan dominasinya di bidang solusi untuk perusahaan. Artikel singkat ini akan merangkum faktor dari fenomena ini dengan merinci keuntungan ERP selain menjawab pertanyaan “apa kekurangan ERP?”

10 Kelebihan ERP

Kinerja / Performance

Tujuan utama penerapan Sistem ERP adalah untuk meningkatkan efektivitasnya. Perangkat lunak ERP menghilangkan proses berulang dan sangat mengurangi kebutuhan untuk mengumpulkan data secara manual. Perangkat lunak ini meningkatkan operasi layanan dan membuatnya lebih mudah dan lebih efektif untuk mengumpulkan informasi di departemen mana pun perusahaan itu bekerja.

Produktivitas / Productivity

Sistem ERP menghemat waktu Anda dengan peningkatan kinerja. Proses otomatis yang sepenuhnya membebaskan karyawan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaan dan tugas penting lainnya. Dan solusinya dirancang dengan mempertimbangkan kemudahan penggunaan, membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Keserbagunaan / Versatility

Sistem ERP modern sangat kuat dan fleksibel. Sistem ERP juga dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan organisasi yang sedang berkembang dan tidak perlu untuk mencari program lain untuk memenuhi kebutuhan.

Kolaborasi / Cooperation

Kolaborasi adalah salah satu benefit utama menggunakan perangkat lunak ERP. Kolaborasi antar departemen merupakan aspek penting dan kritis dari bisnis manufaktur, memungkinkan visibilitas yang lebih luas. Informasi berpartisipasi dalam sistem ERP yang seragam dan terpusat, jadi ada sedikit alasan mengapa departemen tidak dapat bekerja sama.

Skalabilitas / Scalability

Sistem ERP yang terstruktur memungkinkan bisnis untuk memperluas layanan yang awalnya berjalan sesuai jadwal. Saat bisnis Anda tumbuh dan Anda siap untuk terus berkembang, perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan siap untuk mendukung pengembangan.
Mengurangi Biaya Operasional / Cost Elimination

Sistem ERP meminimalkan biaya administrasi dan operasional dengan memanfaatkan detail waktu nyata yang akurat. Hal ini memungkinkan produsen untuk mengelola operasi, menghindari penundaan produksi, dan menggali detailnya, yang pada akhirnya membantu supervisor membuat keputusan lebih cepat dan lebih efektif.

Mobilitas / Mobility

Sistem ERP kami mengimplementasikan database terpusat yang memungkinkan Anda bekerja dari rumah, kantor, atau lokasi pilihan Anda. Juga, periksa perangkat lunak penjadwalan kami.

Kompetitor / Competitors

Sistem ERP mahal dan membutuhkan investasi keuangan yang besar, tetapi sebenarnya lebih mahal untuk tidak membeli perangkat lunak. Beberapa produsen mencoba untuk tetap menggunakan metode lama, tetapi ini membuat mereka sedikit tertinggal dari pesaing mereka. ERP memiliki kemajuan teknologi yang sangat meningkatkan kinerja dan output produksi.

Informasi Terintegrasi / Integrated Information

Anda tidak perlu lagi khawatir tentang data yang tersebar di database yang terpisah karena semua detail ada di satu tempat. Ini berarti Anda dapat mengintegrasikan platform Sistem CRM Anda dengan sistem ERP Anda untuk menjaga konsistensi, akurasi, dan keunikan data.

Meningkatkan Efisiensi Manajemen Solusi ERP

bertindak sebagai pusat informasi yang menghubungkan semua aspek aktivitas perusahaan yang perlu dikelola, termasuk sumber daya manusia, produksi, penjualan, layanan pelanggan, inventaris, dan distribusi. Perangkat lunak ERP menggunakan teknologi PC untuk memungkinkan manajemen informasi otomatis dengan cara yang paling cepat dan efektif.

Sebagai manfaat utama, layanan Enterprise Resource Planning secara signifikan mengurangi kebutuhan akan dokumentasi dan entri data manual. Keunggulan ini sangat mengurangi kemungkinan terjadinya human error yang dapat mengganggu kelancaran produksi. Ini juga menghilangkan kebutuhan untuk mengubah informasi yang disimpan di atas kertas ke format digital dan memungkinkannya untuk dialihkan oleh masing-masing karyawan.

4 Kekurangan ERP

Keuntungan dari layanan ERP untuk usaha anda memang ada banyak. Namun, ada beberapa kelemahan yang harus dipikirkan sebelum mencoba menjalankan sistem ERP seperti itu di perusahaan bisnis tertentu.

Biaya development yang tidak murah

Sistem ERP sangat rumit, dan pengembangannya merupakan prosedur yang sulit dan butuh tim yang handal. Membangun sistem perencanaan sumber daya sesuai dengan kebutuhan usaha membutuhkan tim yang terampil dan banyak dengan tingkat pengetahuan yang tinggi.

Kemampuan tinggi menuntut upah tinggi per jam, sehingga tingkat yang dihasilkan dari opsi yang dibuat khusus mungkin cukup besar.
Menyerahkan development kepada yang ahli adalah solusi, meskipun biaya lisensi juga lumayan tinggi. Tarif yang lebih rendah dari semua opsi yang ditetapkan juga mencakup fleksibilitas yang lebih buruk, periode modifikasi yang lebih lama, kemungkinan pemeliharaan dan bahaya keamanan, dan bahkan ketidakcocokan dengan proses bisnis dan kebutuhan bisnis.

Memerlukan pelatihan dan latihan

Kompleksitas sistem ERP membawa persyaratan tambahan bagi staf yang menggunakannya. Mengetahui minimal esensi dari sistem perencanaan sumber daya mungkin memerlukan usaha dan waktu yang signifikan, dan membutuhkan jauh lebih banyak untuk menguasai semua fungsinya.
Kelemahan terkait lainnya adalah bahwa ketika pengguna terampil dari sistem ERP, para pemula yang mengisi posisi mereka harus menginvestasikan waktu untuk mempelajarinya dari awal daripada mulai bekerja sekarang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami siap memberikan training kepada tim anda.

Perlu Penyesuaian

Eksekusi aplikasi perangkat lunak ERP yang berhasil membutuhkan penyesuaian yang menyeluruh dan akurat, mulai dari personalisasi yang komprehensif hingga penyempurnaan. Baik layanan siap pakai maupun sistem yang dibuat khusus harus terbiasa dengan struktur perusahaan tertentu di semua tingkat manajemen.
Memerlukan waktu untuk menyadari potensi penuhnya
Seperti yang dapat Anda lihat dari kelemahan sebelumnya, sistem ERP membutuhkan waktu yang cukup lama untuk digunakan dengan efisiensi maksimum. Selain prosedur pengembangan yang berkepanjangan, ada tahapan penyebaran, personalisasi sistem, input data awal, pelatihan personel dan membiasakan diri, masing-masing melibatkan penahanan tertentu.

Kesimpulan

Meskipun ada banyak sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang tersedia secara komersial dan dibuat khusus, manfaat yang terkait dengannya tetap sama persis. Singkatnya, mereka menghemat waktu dan sumber daya keuangan, meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan, meningkatkan proses bisnis, memusatkan semua sirkulasi data, dan memungkinkan skalabilitas sederhana. Jika Anda ingin memperkenalkan keuntungan ini ke Bisnis Anda, PT. Digital Asia Solusindo dengan senang hati akan membantu Anda.